Teks Eksplanasi

Apa kabar sobat blogger ? Sama seperti sebelumnya , saya ingin membagikan informasi yang sekiranya dapat menambah pemahaman kalian. Kali ini saya ingin membahas tentang teks eksplanasi.

Apa yang dimaksud teks eksplanasi ?

Teks eksplanasi merupakan teks yang berisi penjelasan suatu topik masalah tentang bagaimana suatu kejadian baik yang berhubungan dengan fenomena alam ,sosial, budaya politik dan lainnya yang ada di dunia nyata. Contohnya , jika suatu teks eksplanasi menjelaskan fenomena alam maka akan diberikan penjelasan terjadinya suatu peristiwa seperti angin topan , kita dapat mengetahui penyebab angin topan terjadi dan hikmah yang bisa didapat supaya dapat dicegah.
Selain untuk menjelaskan , teks eksplanasi bisa juga disebut teks yang mencerdaskan karena membuat pengetahuan orang semakin bertambah.
Jenis teks ini memiliki isi teks yang akan menggambarkan hubungan sebab dan akibat serta proses berjalannya suatu kejadian.

Ciri teks eksplanasi 
Bagaimana suatu teks dapat dikatakan sebagai teks eksplanasi ?
-Fakta yang jujur
Teks eksplanasi berbeda dengan teks berita. Teks ini hanya memuat penjelasan lengkap yg bersumber pada fakta. Dengan itu dibutuhkan kejujuran penulis untuk menjelaskan suatu topik tanpa8 menambahkan opini pribadi maupun berita bohong.

-Keilmuwan
Tidak semua teks yang berisi penjelasan merupakan teks eksplanasi. Mengapa ? Karena yang termasuk teks eksplanasi hanyalah teks yang menjelaskan fenomena ilmiah dan berisi ilmu pengetahuan. Teks yang berisi penjelasan suatu mitos tidak termasuk kedalam teks eksplanasi.

-Informatif
Teks eksplanasi biasanya berisi teks yang memberikan informasi penting bagi orang banyak.

-Netral dan tidak mempengaruhi
Teks ini tidak mengusahakan pembaca untuk percaya atau menyetujui tentang apa yang sedang di bahas. Teks ini harus berisi penjelasan yang pasti, valid ,penting dan ilmiah tanpa ada unsur mempengaruhi orang lain untuk percaya.

-Sistematika
Urutan susunan teksnya diawali dengan ;
1.penjelasan umum
2.penjelasan sebab akibat
3.interpretasi

-Data yang akurat
Teks ini sifatnya penting  tidak bisa dibuat secara sembarang karena isinya yang menjelaskan tentang suatu hal keilmuan yang bermanfaat ,maka data yang diberikan atau penjelasan yang ada haruslah bersumber dari data akurat seperti dari hasil penelitian , jurnal yang berkredibilitas atau dari wawancara.

Sistematika teks eksplanasi 
Dibutuhkan pemahaman mengenai sistematika teks yang benar untuk bisa membuat teks yang baik. Saat ini ada 3 bagian urutan teks yang baku dan masih digunakan dalam materi bahasa Indonesia.
-Pernyataan umum

Berisi pernyataan tentang apa dan mengapa fenomena yang akan dibahas pada teks . Bukan hanya pernyataan , namun penting juga dibuat dengan penulisan yang menarik agar pembaca bersedia untuk membaca hingga akhir teks dan tidak merasa bosan.

-Deretan penjelas

Menjelaskan sebab akibat mengenai fenomena yang sedang dibahas. Artinya pada bagian ini akan menjelaskan secara lebih rinci penyebab sebuah kejadian yang dibahas yang disertai dengan data akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Selanjutnya akan membahas mengenai akibat yang ditimbulkan pada proses sebab yang telah dijelaskan. Diusahakan agar semua penjelasan disusun secara runtut atau sesuai dengan urutan waktu agar teks dapat lebih mudah dipahami.

-Interpretasi

Bagian akhir berupa penutup yang berisi tentang kesimpulan teks eksplanasi.

Kaidah kebahasaan teks eksplanasi
Teks eksplanasi dibuat dengan tujuan dan penjelasan penting. Karena itu teks ini biasanya menggunakan istilah ilmiah sebagai pendukung penjelasan sesuatu hal yang diungkap. Kata kerja material dan kata kerja relasional juga digunakan. Penggunaan kata-kata penghubung atau konjungsi juga digunakan sebagai penanda urutan yang runtut mengenai sebab akibat.Selain itu , teks eksplanasi juga memakai kalimat pasif untuk menjelaskan topik teks.

Contoh teks eksplanasi 

Bahaya Rokok

Pernyataan Umum

Rokok adalah kertas yang berbentuk silinder dengan ukuarn sekira 70 – 120 mm (bervariasi tergantung Negara) dengan diameter 10 mm yang di dalamnya diisi daun-daun tembakau yang sebelumnya telah dicacah.

Rokok dibakar di salah satu ujungnya dan dinikmati oleh perokok dengan cara dihisap; dihirup lewat mulut di ujung lainnya.

Deretan Penjelas dan Sebab Akibat

Rokok biasa dijual dalam bungkusan berbentuk kemasan kertas atau kotak yang muat dalam saku. Sejak beberapa tahun terakhir, bungkus rokok tersebut disertai pesan-pesan kesehatan yang memperingati para perokok agar tidak merokok dan menjaga kesehatannya.

Bahaya itu antara lain kanker paru-paru, serangan jantung, gangguan kehamilan dan janin. Tetapi kemudian peringatan itu hanya menjadi hiasan saja; tidak dipatuhi sama sekali.

Sudah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok memang menyebabkan ketergantungan, disamping juga menyebabkan penyakit-penyakit berat seperti kanker, jantung, pernapasan, pencernaan, dll. Juga dapat membuat impotensi.

Zat-zat berbahaya yang terkandung dalam rokok adalah:

Nikotin

Nikotin ini mengandung candu yang bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk terus-terusan menghisap rokok. Pengaruh lainnya yaitu dapat merusak jaringan otak secara perlahan.

Tar

Bahan dasar pembuat aspal. Bahan ini dapat menempel pada paru-paru untuk kemudian menimbulkan iritasi bahkan kanker; meningkatkan produksi lender di paru-paru, membuhuh sel dalam saluran darah, dan menyebabkan kanker paru-paru.

Karbon Monoksida

Gas yang bisa menyebabkan penyakit jantung sebab gas ini sifatnya mengikat oksigen di dalam tubuh yang bertugas mengikat hemoglobin dan memperlancar peredaran darah.

Zat Karsinogen

Dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Zat Iritan

Zat ini mengotori saluran udara dan kantung udara di paru-paru. Dapat menyebabkan batuk.

Interpretasi

Secara jelas kita sudah dapat melihat bagaimana paru-paru perokok mengalami perubahan warna. Paru-paru sehat itu berwarna merah muda; sementara paru-parunya para perokok berwarna kuning kecoklatan.

Selain itu pada bagian trakea atau pipa udara paru berubah menjadi agak kecoklatan dan tersumbat. Itu semua adalah bahaya rokok. Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita harus menjaga kesehatan dengan berhenti merokok dan menghindari asap rokok.


Sekian pembahasan saya kali ini . Jika masih ada yang kurang dimengerti silahkan tulis di kolom komentar . Have a great day !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Eksplanasi (soal)

Resensi Buku "Bacakilat For Students"

Apa Itu Ceramah ?