Jawaban Soal MID

PERTANYAAN

1. Apa yang dimaksud widget dalam blog?
2. Sebutkan dan jelaskan 5 widget yang wajib ada dalam sebuah blog!
3. Jelaskan langkah-langkah memasang widget dalam sebuah blog!
4. Jelaskan langkah-langkah mengganti template blog!
5. Sebutkan 3 kata kunci dalam ceramah!

JAWAB

1.   Widget merupakan sekumpulan fitur tambahan untuk menampilkan beberapa pilihan menu kepada pembaca blog biasanya widget sering ditambahkan pada header , sidebar atau dibagian footer tergantung jenis widgetnya.

2.    5 widget yang wajib ada dalam blog;
- Template memberi pengaruh besar pada pengunjung blog. menu template digunakan untuk merubah template yang sedang dipakai, kita juga bisa mengedit secara langsung dengan menggunakan menu Edit HTML untuk mengeditnya.
- Profil digunakan sebagai perkenalan atau sebagai bukti kepemilikan blog . Profil juga menunjukan legalitas suatu blog meskipun sudah ada label tentang penulis atau about me. Selain itu melalui profil blog memudahkan pengunjung untuk mengikuti penulis hanya dengan satu ketukan.
- Postingan terpopuler pembaca ingin melihat postingan yang paling berkualitas karena terdapat banyak pengunjung yang telah membaca atau melihat postingan tersebut.
- Label digunakan untuk mengelompokan postingan berdasarkan kategori fungsinya untuk memudahkan pengunjung blog yang ingin membaca atau melihat artikel sehingga tidak perlu repot-reot mencari atau melihat isi keseluruhan blog .
- Arsip blog berfunngsi untuk menampilkan seluruh isi dalam blog kita atau bisa juga disebut sebagai daftar isi dalam blog. Kalian dapat men-setting tampilan arsip blog kalian nantinya, seperti: ingin ditampilkan menurut bulanan, mingguan, atau harian. Selain itu juga, kita bisa menentukan style/ gaya, mau secara hirarki (tersusun), atau menu dropdown.

3.     Adapun cara menampilkan widget di blogspot adalah sebagai berikut :

1.Masuklah pada akun blog kalian
2.Masuk dashboard blog
3.Klik “Layout” atau “Tata letak”
4.Di setiap kolom gadget, klik “Add gadget” atau “Tambahkan gadget” 
5.Lalu akan muncul tap baru, kita bisa memilih beberapa tampilan gadget pada menu “Other gadget” atau “Gadget lainnya”. Atau jika kita mengambil widget/gadget dari situs widget gratisan yang sudah menyediakan kodenya, silahkan klik “Dasar-dasar” pilih “HTML/Java script” lalu masukkan kodenya dan klik “Save” atau “Simpan”.

4.      Terdapat 2 cara  untuk mengganti tampilan template. Untuk yang pertama kita dapat menggunakan template bawaan dari blogger , langkah-langkahnya;

1.Pertama, login ke blog kalian
2.Kedua, masuk ke Dashboard
3.Kemudian pilih menu yang bertuliskan ‘template’
4.Klik tulisan ‘Cadangkan/Pulihkan’ .Ini akan terlihat di samping kanan setelah anda mengklik tulisan ‘template’ di atas. Setelah itu klik juga tulisannya dan akan muncul halaman kecil.
5.Upload template blog dengan meng-klik tombol “Telusuri” 
6.Jika sudah dipilih selanjutnya klik ‘Unggah’. Pastikan nama filenya tidak salah dan sesuai dengan yang anda inginkan karena bisa jadi salah klik atau sebagainya.
7.Tunggu beberapa menit dan proses ganti template pun selesai.

Cara yang kedua adalah dengan mengganti template blog yang menggunakan format file .txt , langkah-langkahnya;
1.Pertama , silahkan buka dulu template yang ingin kalian upload [ template format .txt ]
2.Kemudian buka blogger = > Template => Edit Html
3.Copy semua kode nya dengan cara tekan CTRL + A
4.Silahkan Hapus (Alangkah baiknya di backup, disimpan di notepad terlebih dahulu)
5.Silahkan buka template dengan format file .txt
6.Copy semua kode template yang ada pada file .txt
7.Terkahir simpan template 

5.     3 kata kunci dalam ceramah yaitu;

1.Pembicara adalah kalian sebagai si penceramah dan merupakan komponen penting dalam kegiatan ceramah karena itu kalian harus mampu menciptakan situasi yang mendukung sehingga ceramah dapat berjalan dengan baik.
2.Pesan. Ada 3 faktor penting yang menentukan keberhasilan dalam menyampaikan pesan ceramah yaitu; 
- Persiapan. Pesan akan sangat berarti jika dipersiapkan dengan matang sebelum ceramah disampaikan.
- Rasa. Kalian harus memastikan bahwa si pendengar tidak merasa bosan namun sebaliknya ceramah dapat dirasa menyenangkan.
- Diri. Hal-hal yang harus kalian perhatikan dalam berceramah adalah intonasi, sikap, dan lafal yang jelas. Hal ini mendukung agar ceramah kalian terkesan menarik dan tidak datar.
3.Pendengar sebagai komponen yang tak kalah penting. Kalian harus menyesuaikan tema atau konteks ceramah dengan pendengar . Misalnya pendengar atau audience adalah siswa sekolah maka tema yang dibawakan adalah pendidikan.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Eksplanasi (soal)

Resensi Buku "Bacakilat For Students"

Apa Itu Ceramah ?