Review

Hai sobat blogger , pada kali ini saya ingin mengulang kembali materi yang telah kita pelajari sebelumnya yaitu mengenai ceramah. Sebelumnya saya ingin membahas beberapa hal penting yang harus kalian ketahui sebagai seorang pelajar yang baik . Simak penjelasan 3T dan 3O berikut ini.

Apa sih 3T ? 
3T adalah singkatan dari Tahu diri ,tahu waktu dan tahu tempat . Maksudnya adalah mengenali siapa kah diri kita , dengan siapa kita berbicara, sedang dalam situasi apa ,sehingga membuat kita tahu bagaimana cara berkata dan bertingkah laku yang baik dan benar sesuai pada waktu dan tempatnya .

Lalu bagaimana dengan 3O ?
->O ke-1 : Olah otak
Olah otak pada dasarnya berfungsi untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan diri dengan berlatih terus menerus misalnya melatih keterampilan berbicara, pidato, debat, diskusi, menulis surat, puisi dan lain sebagainya.

->O ke-2 : Olah hati
Olah hati adalah hal yang paling penting dalam berdiskusi maupun ceramah. Mengapa? Olah hati mengajarkan kita untuk saling menghargai pembicaran orang lain , tahu dengan siapa dan dalam situasi apa serta memahami etika berkomunikasi .

->O ke-3 : Olah raga
Olah raga yang dimaksud kali ini adalah himbauan untuk hidup sehat dan menjaga tubuh sebagai bait suci Allah yang harus selalu dijaga .
 
Untuk lebih lengkapnya silahkan klik disini .


CERAMAH
Sekilas saja , Ceramah merupakan jenis komunikasi di depan umum yang berisi penyampaian suatu informasi, pengetahuan dan sebagainya. Media ceramah dapat melalui telivisi, radio, lagu dan lainnya. Setelah melalui perdebatan panjang mengenai ceramah akhirnya saya mnedapatkan kesimpulan yaitu, pada umumnya ceramah memiliki fungsi yang hampir sama dengan pidato maupun khotbah yaitu sama-sama bertujuan untuk mengajak. Lalu apa beda ketiga jenis pembicaraan satu arah tersebut ? Pada ceramah lebih ditekankan untuk memberikan informasi untuk menambah pengetahuan para pendengarnya misalnya ceramah mengenai narkoba yang memberikan kita mengenai informasi seputar penggolongan narkoba dan jenis-jenisnya . Sedangkan jenis pembicaraan yang memiliki tujuan utama untuk mengajak dan mendorong adalah pidato seperti, pidato kemerdekaan yang mengajak kita untuk menghargai jasa para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Selain itu Khotbah lebih banyak dipakai dalam tujuan keagamaan yang biasanya disampaikan oleh pendeta gereja, ustadz dan lain sebagainya. Jangan lupa , materi ceramah harus selalu disesuaikan dengan latar belakang pendengar jangan sampai ceramah mengenai politik disampaikan kepada anak sekolahan yang cenderung bertolak belakang. Sekian yang ingin saya sampaikan dan untuk lebih lengkapnya kalian dapat lihat pada blog sebelumnya dengan klik disini.


Terima kasih telah mengunjungi blog saya . Have a great day!

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teks Eksplanasi (soal)

Resensi Buku "Bacakilat For Students"

Apa Itu Ceramah ?